Mengenal Soal yang HOTS


Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan istilah yang populer untuk jenis soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Soal-soal HOTS pada konteks asesmen, secara sederhana bukan hanya meminimalisir kemampuan mengingat kembali informasi (recall), tetapi lebih mengukur kemampuan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda, 4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan 5) menelaah ide dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.



Jika ada soal berkategori HOTS, tentunya ada soal yang berkategori MOTS (Midle Order Thinking Skills) dan LOTS (Lower Order Thinking Skills). Lalu apa perbedaan antara ketiga bentuk soal tersebut? Perhatikan tabel berikut untuk membedakan antara soal HOTS, MOTS, dan LOTS.


Berdasarkan pendapat Anderson & Krathwohl (2001) di atas, maka domain proses kognitif yang termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) adalah domain analisis (analyze), evaluasi (evaluate), dan mencipta (create). Domain proses kognitif tersebut yang digunakan sebagai salah satu acuan untuk menyusun soal-soal HOTS.

Ujian Nasional yang saat ini sudah tidak digunakan sebagai penentu kelulusan pada jenjang pendidikan di Indonesia, soal-soalnya mulai didesain berisi soal berkategori HOTS. Soal berkategori HOTS pada ujian nasional untuk sementara memang belum dominan, namun ke depan pemerintah minimal akan menyeimbangkan antara soal HOTS, MOTS dan LOTS. Yang perlu menjadi perhatian adalah soal HOTS tidak harus identik dengan soal sulit.

Tingkat kesukaran dalam butir soal tidak sama dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sebagai contoh, untuk mengetahui arti sebuah kata yang tidak umum (uncommon word) mungkin memiliki tingkat kesukaran yang sangat tinggi, tetapi kemampuan untuk menjawab permasalahan tersebut tidak termasuk higher order thinking skills. Dengan demikian, soal-soal HOTS belum tentu soal-soal yang memiliki tingkat kesukaran yang tinggi.


Silahkan download panduan penyusunan soal HOTS berikut:

Donwload Panduan Soal HOTS 

5 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen apaan tuh koq di hps? Ad 1 yg komen pun tak tau diuntg malah di hps. Niii hps jg komenku... wkwk

      Hapus
    2. Haha... yang menghapus yg punya komen sendiri, belum sempat ke reply sudah dihapus....

      Hapus
  2. Makasih...
    Bisa gak dijelaskan penggunaannya untuk jenjang2 kelasx nd admin??

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama