Cara Menghapus winloading.exe pada Komputer/Laptop

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi yang telah saya praktikkan. Kronologi kejadian: saya merasa komputer yang saya gunakan terasa lambat dan bekerja tidak seperti biasanya. Untuk diketahui saya menggunakan PC dengan Prosesor Intel(R) Core(TM) i5-2500 CPU @ 3.30GHz   3.30 GH, RAM 8 GB, Windows 10 Pro Version 21H1. Komputer dijalankan sebagaimana biasanya, namun saya merasakan ada penurunan performa yang sangat drastis, untuk membuka browser maupun sekedar windows explorer saja sangat lama respon-nya, padahal sebelumnya tidak seperti itu. Akhirnya saya buka Task Manager dan terlihat penggunaan CPU diatas 70% sedangkan saya belum membuka aplikasi apapun.

Selanjutnyan dalam task manager terlihat penggunaan CPU terbesar adalah winloading.exe. Awalnya saya mengira bahwa winloading.exe adalah aplikasi bawaan dari windows sehingga hal tersebut saya abaikan hingga berhari-hari. Namun semakin lama komputer yang saya pakai performanya terus menurun dengan indikasi sangat lambat untuk merespon perintah. Akhirnya saya putuskan untuk mencari informasi apa itu winloading.exe.

Dari hasil penelusuran di internet diperoleh informasi bahwa winloading.exe adalah sejenis virus trojan. Winloading.exe adalah Trojan Coin Miner yang menggunakan sumber komputer yang terkontaminasi untuk menambang mata uang digital tanpa izin Anda. Itu bisa berupa Monero, Bitcoin, DarkCoin atau Ethereum. (Sumber: https://howtofix.guide/winloading-exe-virus/).

Untuk menghapus winloading.exe digunakan cara sebagai berikut:
  1. Download aplikasi ringan Autoruns for Windows v14.06 dari https://docs.microsoft.com/en-us/sysinternals/downloads/autoruns
  2. Setelah file terdownload, unzip file tersebut.
  3. Pilih sesuai dengan system windows-nya, dan klik kanan kemudian pilih Run as administrator misal dipilih Autoruns atau Autoruns64.
  4. Cari winloading pada kotak pencarian, jika sudah ketemu winloading.exe klik kanan dan pilih delete.
Screenshoot Autoruns



Catatan:

winloading.exe berbeda dengan winload.exe, winloading.exe adalah sejenis virus trojan namun winload.exe adalah perangkat bawaan dari windows yang berfungsi untuk memuat driver perangkat yang penting, serta ntoskrnl.exe, bagian inti dari Windows.

Karena kemiripan nama inilah, terkadang pengguna tidak menyadari bahwa winloading.exe adalah virus. Jadi jangan salah hapus, jika winload.exe yang terhapus maka windows tidak berjalan dengan normal.

Ingat winloading berbeda dengan winload.

Selamat mencoba!!!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama