Microsoft Math Solver: Aplikasi Penyelesaian Soal Matematika dari Microsoft

Bukan menjadi rahasia jika sebagian orang menganggap bahwa Mata Pelajaran Matematika merupakan Mata Pelajaran yang sulit. Matematika harus menghafal banyak rumus, matematika harus melakukan perhitungan yang rumit, matematika pokoknya memusingkan kepala, itulah beberapa komentar yang ada pada sebagian yang menganggap matematika sulit. Namun ada juga sebagian yang mengatakan Mata pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang menyenangkan. Matematika itu mudah, simpel, nggak banyak ngapal, cukup pakai logika, nggak bertele-tele, pokoknya enaklah. Itu juga beberapa komentar bagi mereka yang menganggap matematika itu mudah atau menyenangkan.

Anggapan atau komentar-komentar di atas tentu syah-syah saja dan tidak perlu diperdebatkan. Di era perkembangan tekhnologi saat ini, beragam aplikasi matematika hadir memberikan pilihan untuk digunakan dalam rangka membantu menyelesaikan soal matematika atau membantu proses belajar matematika.

Salah satu aplikasi matematika tersebut adalah Math Solver. Aplikasi ini merupakan aplikasi buatan microsoft, yang dapat diinstal dari google play maupun app store serta tersedia juga dalam versi web dengan alamat: https://math.microsoft.com/. Di google play apikasi ini disebut dengan Microsoft Math Solver: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microsoft.math



Aplikasi ini gratis dan tanpa perlu login/sign in atau registrasi. Dari laman math solver, aplikasi ini dapat digunakan untuk topik Pre-Aljabar, Aljabar, Trigonometri, dan Kalkulus.

Dengan menggunakan android, terdapat tiga input (masukkan) dalam mencari penyelesaian dari sebuah soal matematika: 1)Scan Soal Matematika, 2)Tulisan Tangan (Draw) dan 3) Input menggunakan papan ketik.

Untuk melakukan pengujian, saya lakukan dengan menggunakan scan soal integral seperti tampil berikut ini:




Dari tangkapan layar tersebut, hasil pemindaian tulisan tangan soal yang kemudian dikonversi ke soal dan diselesaikan menggunakan algoritma dari aplikasi ini cukup baik. Nilai plus dari aplikasi ini, tidak serta merta menyajikan hasil pemindaian namun juga hal-hal lain yang terkait dengan soal tersebut dan dapat dimanfaatkan.

Nilai plus lain akan diperoleh ketika diakses menggunakan browser, dimana dapat langsung diklik dari aplikasi pada bagian akhir hasil pemindaian. Dari pemindaian soal integral di atas pada saat diakses diweb browser seperti tampilan berikut ini:



Dari tampilan tangkapan layar kita dapat mengetahui langkah-langkah penyelesaian soal. Misal dari soal yang dipindai dapat ditampilkan penyelesaiannya sebagai berikut:


Selain langkah penyelesaian ditampilkan juga ditampilkan hasil lain yang terkait dengan soal tersebut





Kesimpulan:

Aplikasi ini cukup baik digunakan untuk menyelesaikan soal matematika yang bersifat tekhnis (soal dengan algoritma penyelesaian tertentu) dan menampilkan hasil penyelesaian soal beserta hal-hal lain yang berkaitan dengan soal tersebut sehingga dapat digunakan sebagai literasi pemahaman soal yang diselesaikan.

Selamat mencoba. 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama