VCT (Virtual Coordinator Training): Diklat Online Terbuka dan Mandiri

Revolusi Industri 4.0 saat ini menjadi isu hangat dalam forum pelatihan, seminar, maupun diskusi secara formal maupun non formal. Pelatihan dan seminar menjadi sarana presentasi secara formal dalam penyampaian isu revolusi industri 4.0 yang seolah-olah tidak dapat dihindarkan dan siapa saja yang  tidak ingin tertinggal haruslah menjadi follower Revolusi Industri 4.0.

Ada empat ciri utama dari Revolusi Industri 4.0 antara lain:
  1. Robotic Automation
  2. 3D Printer
  3. Internet of Things
  4. Data of Things
Dunia Pendidikan juga harus menyikapi era Revolusi Industri 4.0 ini. Berbagai upaya harus dilakukan  oleh dunia pendidikan untuk mensikapi era revolusi industri 4.0 sehingga dunia pendidikan tidak tertinggal dengan kemajuan tekhnologi dalam era revolusi industri 4.0.

Salah satu upaya dunia pendidikan dalam rangka pensikapan terhadap era Revolusi Industri 4.0 adalah dengan mulai diselenggarakannya kegiatan pembelajaran secara online. Berbagai bentuk kegiatan pembelajaran secara online saat ini sudah tersedia, dari yang diselenggarakan secara formal maupun non formal.

Guru sebagai bagian dari dunia pendidikan, dapat memilih berbagai bentuk kegiatan online untuk meningkatkan kompetensinya masing-masing agar tidak tertinggal dengan era revolusi industri 4.0. Dari sekian pilihan yang ada guru dapat memilih dan memanfaatkan kegiatan diklat secara online yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC yaitu VCT atau Virtual Coordinator Training.

VCT atau Virtual Coordinator Training merupakan kegiatan pelatihan  online untuk mempersiapkan guru dalam pembelajaran jarak jauh dengan berbasis Webex. Dengan mengikuti pelatihan ini, Guru akan dibimbing untuk menjadi host, moderator, maupun pemateri (presenter) dalam pembelajaran jarak jauh secara online.
Host merupakan penyelenggara kegiatan, sehingga seorang host harus mampu membuat room meeting dengan menggunakan webex. Selain itu seorang host harus mampu mengendalikan jalannya kegiatan meeting atau pertemuan secara online, misalnya mengendalikan microfon peserta kegiatan agar tidak terjadi kegaduhan di saat meeting.

Moderator bertugas sebagai layaknya pemandu kegiatan secara nyata atau offline. Dalam kegiatan online disini, moderator bertugas memandu kegiatan yang diselenggarakan oleh host menggunakan webex dan berjalan secara online. Moderator bertanggungjawab mengatur waktu kapan pemateri melakukan presentasi dan kapan peserta bertanya dan melakukan diskusi dengan pemateri maupun peserta lain.

Presenter atau pemateri memberikan paparan materinya secara online melalui webex. Materi berupa presentasi power point atau bentuk lain yang dapat disimak oleh peserta.

Dalam kegiatan meeting online ini, partisipasi aktif dari peserta juga menjadi sangat penting sehingga kegiatan meeting menjadi bermakna dan terjadi komunikasi multi arah.

Dalam kegiatan ini, host, moderator, presenter, serta partisipan juga harus mengisi daftar hadir secara online yang disiapkan oleh host atau moderator. Selain itu, setiap peserta VCT secara bergulir harus menyelesaikan tugas menjadi host, moderator, dan presenter masing-masing dua (2) kali. Bukti-bukti kegiatan tersebut harus disetorkan atau diupload berupa flyer, daftar hadir, dan rekaman layar dalam bentuk vidio saat menjadi presenter. Setiap peserta wajib menyelesaikan semua kegiatan tersebut sebagai salah satu persyaratan kelulusan, dan akan memperoleh sertifikat dalam bentuk e-sertifikat.
Contoh Flyer VCT
Karena kegiatan ini merupakan kegiatan online dan mandiri, maka diperlukan keseriusan dan komitmen dari peserta untuk menyelesaikannya secara tepat waktu. Peserta VCT perlu menyiapkan laptop, hp, dan jaringan internet yang cukup stabil. Banyak peserta mengeluhkan jaringan yang kurang bagus sehingga terhambat untuk mengikuti kegiatan VCT ini dan berakibat belum dapat menyelesaikan semua tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Namun demikian, sangat menarik mengikuti kegiatan VCT ini dan para guru akan memperoleh pengalaman dari berbagai sumber. Jadi sangat rugi jika guru di era Revolusi Industri 4.0 ini tidak mengikuti kegiatan VCT ini. Semoga kegiatan VCT ini sukses dan bermanfaat terhadap perkembangan dunia pendidikan di Indonesia.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama