Menggunakan Smartphone Sebagai Alat Scaner Dokumen


Telepon pintar namanya, yang biasa kita kenal dengan istilah smartphone memang memiliki berbagai kemampuan sehingga wajar jika kita sebut dengan telepon pintar. Mungkin istilah ini disematkan pada telepon ini karena segudang kemampuannya dalam menjalankan berbagai tugas-tugas layaknya sebuah komputer pribadi dalam genggaman. Kemampuan smartphone akan tergantung dari spesifikasi dari smartphone itu sendiri, semakin tinggi spesifikasi sebuah smartphone kemampuannya juga akan semakin mumpuni.



Smartphone saat ini didominasi oleh perangkat lunak android. Smartphone hanyalah alat yang fungsinya tergantung dari kemampuan pengguna untuk memanfaatkan smartphone itu sendiri. Fungsi smartphone tidak akan maksimal jika hanya digunakan untuk sekedar menelepon atau mengirim sms. Beragam aplikasi dapat ditanamkan dalam smartphone, sehingga fungsi dari smartphone dapat maksimal. Salah satu aplikasi yang dapat dipertimbangkan dalam smartphone adalah aplikasi pemindai (scaner) dokumen. Aplikasi ini bermanfaat layaknya mesin scaner  yang dipasangkan di komputer.

Berbagai pilihan aplikasi scaner dokumen dapat kita pilih dari playstore dari yang gratis hingga berbayar.

Aplikasi-aplikasi ini memanfaatkan camera yang ada di smartphone sebagai alat pindainya. Smartphone memindai dokumen dengan cara mengambil foto dokumen yang akan discan, kemudian diolah menggunakan aplikasi scaner untuk dikonversi menjadi dokumen digital lain  seperti gambar atau pdf.

Untuk mencoba, kita dapat memilih aplikasi yang bersifat gratis terlebih dahulu atau memilih aplikasi berbayar yang terjangkau. Untuk aplikasi berbayar yang terjangkau kita bisa memilih salah satunya adalah aplikasi "TurboScan". Harganya cukup terjangkau, ketika tulisan ini dibuat harga aplikasi "TurboScan" hanya Rp4.000,00 saja.

TurboScan sudah cukup mumpuni untuk sekedar memindai dokumen kemudian dikonversikan ke bentuk file pdf. Aplikasi ini tentu sangat bermanfaat dan ekonomis bagi pengguna smartphone yang ingin mendokumenkan file-filenya secara digital dalam bentuk PDF, dibandingkan dengan harus membeli alat scan yang hanya digunakan untuk memindai dokumen dan mengkonversikan ke file PDF.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar