Cara Mencetak Info GTK dari Hand Phone (HP) Android

Salah satu proses penggunaan data pendidikan melalui aplikasi DAPODIK adalah guru dapat melakukan pengecekkan data-data secara mandiri melalui akun SIMPKB masing-masing melalui layanan info GTK. Melalui info GTK ini ditampilkan data secara detail dari seorang guru sehingga jika ada data yang tidak atau kurang sesuai, guru tersebut dapat melakukan perubahan datanya melalui aplikasi DAPODIK yang dikelola oleh Operator Sekolah. Di sini perlu peran aktif dari guru secara mandiri untuk melakukan pengecekkan data dalam rangka menjamin dan memastikan data-datanya telah di input secara benar melalui aplikasi DAPODIK sehingga data yang disajikan benar-benar VALID.

Kevalidan data pada info GTK akan berimplikasi pada banyak hal, baik itu pribadi maupun kelembagaan. Secara pribadi, dengan  validnya data pada info GTK akan berimplikasi pada penerbitan SK (Surat Keputusan) untuk penyaluran kesejahteraan atau tunjangan dari guru tersebut. Misalnya pada guru yang telah tersertifikasi, dengan data yang Valid maka SK Tunjangan Profesinya akan dikeluarkan sehingga yang bersangkutan berhak menerima Tunjangan Profesi Guru.

Layanan Info GTK dapat diakses melalui akun SIMPKB masing-masing, sehingga setiap guru yang telah memiliki akun SIMPKB dapat langsung login ke:.https://app.simpkb.id/gtk. Akun SIMPKB dapat dengan mudah diakses menggunakan Hand Phone (HP) berbasis android atau yang lainnya dengan syarat tentunya bisa terkoneksi ke jaringan internet.


 Dengan menggunakan HP, kita dapat langsung login ke https://app.simpkb.id/gtk, setelah masuk ke akun SIMPKB kemudian pilih/klik layanan info GTK. Selanjutnya akan ditampilkan info dari data-data kita secara detail.



Timbul sebuah pertanyaan, bagaimana cara menyimpan info GTK tersebut atau ketika sewaktu-waktu diperlukan print out nya (hasil cetaknya) sedangkan kita hanya mengakses melalui HP? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada beberapa pilihan.

Pilihan termudah menggunakan screen shoot di HP, namun ada tidak cara yang lain? Misalnya kita ingin menyimpannya dalam bentuk file PDF? Tentu ada caranya, simak penjelasan berikut sampai tuntas.



Untuk menyimpan tampilan info GTK di HP menjadi file PDF, pilih tanda titik tiga di sebelah kanan atas sehingga muncul berbagai pilihan dan pilih bagikan (share) seperti gambar berikut:


Setelah itu akan muncul berbagai pilihan,  cari dan pilih cetak (print)



Pada langkah berikutnya, pilih simpan sebagai PDF


Tentukan letak penyimpanan file PDF nya dan beri nama sesuai dengan yang diinginkan



File PDF dari info GTK telah selesai dibuat, dan jangan lupa untuk mengingat tempat menyimpannya. Ketika sewaktu-waktu diperlukan tinggal dicari kemudian kirim atau cetak sesuai dengan keperluan. Jika HP bisa terhubung dengan printer maka tinggal dicetak selesai, namun jika tidak bisa terhubung ke printer, cukup dicopy atau share ke alat yang akan digunakan untuk mencetak. Cara-cara yang telah disebutkan menggunakan browser bawaan dari android yaitu chrome, sehingga disarankan jika ingin mempraktikkan lakukan dengan menggunakan browser crhome.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar