Bukti Verval SIMPKB: Cetak Kartu Anggota Komunitas

Guru dengan beragam jasanya, setiap tahun disibukkan dengan peningkatan kompetensi sebagai bagian dari tanggung jawab guru untuk selalu mengupgrade pengetahuannya dan didukung oleh pemerintah dalam bentuk program Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Dalam dua tahun terakhir (2016 dan 2017) pemerintah mulai melaksanakan program PKB, melalui jalur diklat online atau kombinasi antara tatap muka dan online. Untuk tahun 2016 program PKB dikenal dengan istilah Guru Pembelajar, sedangkan tahun 2017 ini menggunakan istilah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Dimana program PKB ini dilaksanakan berdasarkan capaian kompetensi dari UKG tahun 2015.

Setiap guru yang sudah mengikuti UKG tahun 2015  memiliki sebuah akun di laman http://app.simpkb.id  yang sebelumnya akun tersebut disebut sebagai akun guru pembelajar. Tahun 2017 ini dimulai dengan proses verivikasi dan validasi akun  atau verval akun di situs tersebut dengan cara login pada laman http://app.simpkb.id. Jika ada perubahan data mata pelajaran atau induk sekolah lakukan perubahannya saat login dan ajukan perubahan data tersebut ke dinas pendidikan kabupaten/provinsi.

Untuk guru yang belum UKG dapat melakukan registrasi terlebih dahulu melalui laman http://app.simpkb.id, dengan terlebih dahulu mencari data guru nomor peserta ukg guru tersebut untuk kemudian dilakukan registrasi, dan form registrasi selanjutnya dibawa ke dinas pendidikan kabupaten/provinsi yang menangani masalah PKB.

Selanjutnya, guru-guru yang sudah mempunyai akun di http://app.simpkb.id (akun SIMPKB) memastikan dirinya bahwa telah terdaftar atau masuk ke komunitas sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Jika belum masuk ke komunitas mata pelajaran, dapat menghubungi ketua komunitasnya (ketua MGMP/KKG/MKKS) agar dimasukkan dalam komunitas mata pelajaran masing-masing.

Untuk memastikan verval dan telah menjadi anggota komunitas di SIMPKB, sebaiknya  cetaklah kartu keanggotaan komunitas di SIMPKB dengan terlebih dahulu mengupload foto di profil masing-masing. Untuk mengupload foto profil siapkan foto dengan resolusi/ukuran yang sesuai dengan permintaan sistem SIMPKB. Dengan telah tercetak dan memiliki kartu anggota komunitas di SIMPKB sudah dapat dipastikan guru tersebut telah verval dan menjadi anggota komunitas di SIMPKB.

Share:

1 komentar:

  1. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan , saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb..

    BalasHapus