Solusi "Dial-up error 633" Setelah Update Windows 10 Versi 1703 (OS Build 15063) pada Modem

Koneksi internet menggunakan modem masih menjadi pilihan ketika tidak ada koneksi internet melalui wifi atau jaringan lainnya. Masalah modem tidak connect bisa menjadi pemicu mengganti modem lama kita dengan modem yang baru, padahal bisa jadi modem lama kita tidak masalah. Hal ini biasanya terjadi ketika kita baru saja membeli laptop baru dengan OS terbaru atau kita baru saja mengupdate dengan OS terbaru misalnya ke windows 10 versi 1703 (OS Build 15063). Demikian juga dengan yang saya alami, setelah update OS modem lama saya yang terkategori jadul tidak dapat digunakan alias tidak bisa "connect" dengan pesan bahwa simcard belum tersisipkan sedangkan simcard sudah fix terpasang.

Sistem Windows 10 Versi 1703

Hampir satu minggu lebih tidak bisa menggunakan modem tersebut dan hampir saja mengambil keputusan untuk membeli modem baru. Bermacam cara dilakukan agar modem lama tersebut dapat digunakan. Salah satunya adalah melakukan dial up secara manual (tidak menggunakan software bawaan modem) namun selalu muncul error 633. Setelah mencari solusi di berbagai situs dan forum masih juga belum menemukan solusi terbaik, sehingga pada akhirnya ketemulah solusi terbaik yang diinginkan.

Pengalaman ini saya share agar yang mempunyai masalah serupa dapat menggunakan modem lamanya tanpa harus membeli modem baru sehingga bisalah agak irit. Untuk mengatasi masalah modem yang tidak connect setelah update ke windows 10 versi 1703 (OS Build 15063) berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Masuk ke Registry Editor dengan cara mengetikkan regedit di pencarian "cortana" atau dengan cara lainnya (yang jelas kita harus masuk ke Registry Editor apapun caranya)
  2. Akses ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\RasMan.
  3. Temukan “RequiredPrivileges” dan buka menu tersebut dengan cara "double-click"
  4. Tambahkan SeLoadDriverPrivilege pada baris terakhir kemudian klik OK
  5. Jika ada peringatan abaikan dengan cara klik OK pada peringatan tersebut.
  6. Restart (hidupkan ulang: Start > Power > Restart )
  7. Gunakan modem seperti biasanya, modem sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya.
  8. Jika masih belum bisa connect, coba ulangi lagi langkah-langkah tersebut dan jika memang belum berhasil dimungkinkan ada masalah lain bisa dari OS-nya (windows) atau modemnya.
 Perhatikan gambar berikut untuk memperjelas langkah-langkah di atas.

Registry Editor yang diakses

Edit Multi String di Registry Editor
Peringatan Setelah Edit Multi String
Itulah beberapa langkah yang dapat saya share, dan langkah ini telah sukses saya praktikkan dan akhirnya bisa membuat postingan ini. 
Selamat mencoba, jangan lupa klik suka dan share ke yang lain jika postingan ini bermanfaat.
Share:

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. setelah melakukan settingan begitu errornya jadi berubah gan jadi 702, cara mengatasinya gimna gan udh ane coba reset log tetap sama

    BalasHapus