Mendekat atau Menjauh

Ketika kita berjalan menuju sebuah titik tertentu, kita dapat mengatakan bahwa kita mendekati sebuah titik tersebut atau kita juga dapat mengatakan kita menjauh dari titik awal kita berjalan. Jadi istilah mendekat hanya terjadi ketika kita melihat sesuatu dari sebuah titik yang didekati, istilah menjauh akan terjadi ketika kita melihatnya dari sebuah titik yang dijauhi.


Nah ketika kita berjalan menuju titik kebenaran, pada sisi lain kita sebenarnya berjalan menjauh dari titik ketidakbenaran. Demikian juga ketika kita berjalan menuju titik ketidakbenaran, kita pada dasarnya telah menjauh dari titik kebenaran.

Jadi pilihan hanya ada pada diri kita, mari kita renungkan:

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِّن بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللّهِ إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللّهُ بِقَوْمٍ سُوءاً فَلاَ مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِ مِن وَالٍ - ١١-

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah Menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Ar-Ra'd:11)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar